Beranda » 11 Manfaat Pijat Refleksi Untuk Kesehatan Badan
Manfaat Pijat Refleksi

11 Manfaat Pijat Refleksi Untuk Kesehatan Badan

Manfaat pijat refleksi tentunya bisa Anda rasakan. Pijat refleksi merupakan salah satu teknik pengobatan tradisional. Teknik ini asalnya dari Tiongkok dan Mesir. Pada bagian tangan dan kaki yang memiliki jutaan ujung saraf. Pijat refleksi di area tersebut dipercaya akan mampu mendeteksi masalah kesehatan.

Selain itu juga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan yang mungkin Anda alami. Meskipun pijat ini tampak mudah, namun sebenarnya tidak semua orang bisa melakukannya.

Melakukan gerakan menekan, menggosok, atau mengurut jaringan dan ototnya dengan tangan. Hal itu tentunya memerlukan suatu teknik dan keahlian secara khusus. Bukan tanpa alasan, apabila salah melakukan gerakan. Tentunya akan menyebabkan dampak yang lebih serius.

Dengan melakukan pijat refleksi, tentunya akan memberikan banyak manfaat. Untuk itu ketahui beberapa manfaatnya berikut ini.

1. Mengurangi Tingkat Kegelisahan

Menurut penelitian kepada kelompok perempuan yang memasuki masa premenopause. Masa tersebut yang memiliki tingkat stres dan depresi yang cukup tinggi. Penelitian menunjukkan bahwasanya dapat mengurangi kondisi tersebut. Kondisi pada saat psikologis sedang terganggu.

Hal ini juga dibuktikan dengan penelitian lainnya pada tahun 2015. Dalam penelitian tersebut pasien yang melakukan pijat refleksi.

Pada saat sebelum melakukan operasi varises vena. Pasien lebih cenderung memiliki kecemasan dan rasa sakit yang rendah. Tentunya selama operasi sampai perawatan berlangsung.

Baca Juga: Manfaat Terapi Mengapung di Air Untuk Kesehatan

2. Melancarkan Peredaran Darah

Membantu melancarkan peredaran darah. Gerakan yang dilakukan saat pijat akan membuka simpul pada pembuluh darah. Sehingga pembuluh darahnya nadi dan vena bisa bekerja secara optimal.

Terutama untuk mengalirkan darah dan berbagai gangguan kesehatan. Sehingga peredaran darah yang tidak lancar dapat disembuhkan.

3. Memberi Efek Relaksasi

Manfaat refleksi yang dilakukan pada bagian tangan dan kaki. Hal itu dapat mengurangi kecemasan dan membantu mengatasi rasa lelah. Namun dengan meningkatkan relaksasi, maka yang dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Penelitian menunjukkan bahwa efek tersebut juga dapat dirasakan ibu hamil. Pijat refleksi pada ibu hamil yang dapat memberikan dampak baik. Untuk bisa mengatasi rasa lelah selama kehamilan.

4. Mengatasi Sakit Kepala

Apabila Anda merasakan sakit kepala yang dikarenakan adanya stres atau kecemasan. Hal itu juga dapat meringankan sakit kepala tersebut.

Berdasarkan penelitian, ada 23 persen penderita sakit kepala. Mengatakan bahwa tidak lagi merasa sakit kepala. Selain itu 11 persen penderita sakit kepala tidak lagi mengkonsumsi obat-obatan. Setelah secara rutin menjalani pijat refleksi.

5. Membantu Pemulihan Pasca Stroke

Kebanyakan pasien stroke yang menjalani pijat refleksi. Hal itu sebagai terapi pendamping pengobatan secara medis. Tekanan yang difokuskan pada titik-titik tertentu di tangan atau kaki.

Dipercaya memberikan dampak positif. Selain itu juga meningkatkan kemampuan fisik pasien stroke.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan dan Meningkatkan Energi

Pijat refleksi juga baik untuk meningkatkan sirkulasi dan stimulasi sistem pencernaan. Terapi ini berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

https://transpa.net/nyeri-punggung/

Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi minuman beralkohol sebelum menjalani pijat. Hal itu karena dampak negatif dari alkohol akan menjadi berlipat. Pijat ini juga baik dalam meningkatkan energi pada tubuh.

7. Melepaskan Racun pada Tubuh

Melakukan pijat ini akan meningkatkan fungsi kandung kemih. Selain itu juga mengurangi masalah pada saluran kandung kemih. Hal ini akan berdampak baik pada sistem toksisitas tubuh.

Manfaat pijat refleksi untuk menghilangkan racun pada tubuh. Apabila racun dalam tubuh dapat keluar, maka tubuh menjadi lebih sehat.

8. Baik Untuk Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2

Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungannya pijat refleksi dan penderita diabetes. Penderita diabetes yang rutin menjalaninya. Nantinya akan memiliki kadar darah yang terkontrol. Selain itu juga mengalami komplikasi yang lebih sedikit.

9. Mengatasi Konstipasi

Apabila Anda mengalami sembelit atau konstipasi. Sebaiknya Anda melakukan pijat refleksi. Penelitian menyatakan bahwa cara pengobatan alternatif satu ini akan membantu mengatasi hal itu. Manfaat ini yang berkaitan dengan efek relaksasi yang dari pijat tersebut.

10. Membantu Mengurangi Stres

Meskipun pijat ini hanya berfokus pada bagian telapak kaki. Namun manfaat pijat refleksi juga dapat mengurangi stres.

Kaki dapat dijadikan tempat untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan. Pijatan dan tekanan lembut pada kaki Anda, akan membuat tubuh lebih rileks.

11. Meringankan Gejala Multiple Sclerosis dan Perawatan Kanker

Pijat refleksi juga dapat meringankan rasa nyeri pada penderita multiple sclerosis. Selain itu juga penderita kanker yang menjalani kemoterapi.

Manfaat pijat ini membantu mengatasi mual dan nyeri pasca kemoterapi. Namun, pijat ini tidak bisa menggantikan peran obat-obatan medis. Tentunya yang selama ini diberikan oleh dokter.

Kini Anda dapat mengetahui manfaat pijat refleksi di atas. di area tangan dan kaki dipercaya mampu mendeteksi masalah kesehatan.