Beranda » Manfaat Terapi Mengapung di Air Untuk Kesehatan
Manfaat Terapi Mengapung di Air

Manfaat Terapi Mengapung di Air Untuk Kesehatan

Manfaat terapi mengapung banyak sekali dan pastinya mempunyai dampak positif bagi tubuh. Terapi satu ini memang belum banyak dilakukan, akan tetapi kenyataannya memiliki efek bagus bagi kesehatan tubuh.

Dengan mengetahui manfaatnya, Anda bisa mempertimbangkan terapi ini guna mengatasi berbagai keluhan yang tengah Anda alami. Terapi mengapung sendiri biasanya dilakukan dalam sebuah tangki yang tertutup kedap suara dan bercahaya redup.

Tangki tersebut selanjutnya akan diisi menggunakan air hangat serta garam Epsom dengan kandungan magnesium sulfat. Tujuan utama menambahkan garam ketika melakukan terapi mengapung yakni agar tubuh bisa mengapung lebih mudah.

Akan tetapi garam ini juga bisa memberikan berbagai manfaat bagi tubuh Anda. Artikel kali ini akan memberikan manfaat ketika Anda melakukan terapi mengapung. Untuk itu baca dan simak selengkapnya.

Berbagai Manfaat Terapi Mengapung yang Jarang Diketahui

Sebenarnya ada banyak khasiat terapi mengapung yang belum banyak orang ketahui. Sama seperti meditasi, banyak yang mempercayai bahwasanya terapi mengapung bisa mengurangi rangsangan sensorik berupa suara dan cahaya.

Selain itu juga mengalihkan pikiran dari dunia luar. Ketika Anda berada dalam tangki, Anda juga harus fokus pada diri sendiri agar manfaat yang diperoleh kian maksimal. Terapi mengapung atau sering dibilang dengan sebutan floating therapy yakni sebuah proses terapi guna memulihkan kebugaran tubuh serta jiwa.

Untuk kerjanya, terapi ini bisa membuat tubuh mengapung di air. Terapi satu ini dilakukan dalam sebuah tangki kecil diisi air hangat yang di mana sudah dicampur dengan garam epsom, seperti yang dijelaskan di atas tadi.

Alasan pemberian garam epsom ini yakni supaya lebih memudahkan Anda mengapung. Hal ini mengingat epsom membuat massa jenis air menjadi lebih besar. Sebuah benda akan mudah mengapung di air yang mempunyai massa jenisnya lebih besar dari massa jenis benda itu sendiri.

Hal itu sebabnya air yang sudah mendapatkan tambahan garam epsom akan membantu Anda lebih mudah mengapung dalam terapi satu ini. Sama halnya meditasi, guna mendapatkan hasil maksimal dari terapi ini, Anda harus fokus pada diri sendiri serta mengalihkan perhatian dari keadaan sekitar yang akan menjadi beban pikiran Anda sendiri.

Jadi hal itu sebabnya tangki yang digunakan dalam terapi ini juga berada dalam ruangan kedap suara serta bercahaya redup. Berikut beberapa manfaat terapi mengapung:

Meredam Stress

Manfaat pertama dari terapi mengapung adalah meredakan stres. Berada dalam ruangan tenang dengan cahaya yang redup akan membantu Anda guna relaksasi dan mengurangi stres.

Bukan hanya itu, garam epsom yang menghasilkan magnesium sulfat ketika sampai di kulit kemudian diserap, akan membuat tubuh memproduksi hormon serotonin.

Dimana hormon serotonin ini mempunyai peran besar dalam menghilangkan stres dan cemas yang berlebih. Dalam sebuah penelitian, terapi satu ini juga bisa meringankan gejala migrain serta meredakan berbagai gangguan mental, misalnya, gangguan panik agoraphobia, PTSD, dan depresi.

Mengurangi Sakit Nyeri

Manfaat terapi mengapung kedua yakni mengurangi rasa sakit, misalnya saja pada kondisi sakit kepala dan nyeri otot. Posisi mengapung bisa menjadikan otot di seluruh tubuh dalam kondisi mengendur, sehingga membuat tubuh lebih santai.

Bukan hanya itu saja, kandungan magnesium dalam garam epsom juga mampu mengurangi otot yang tegang. Manfaat inipun sudah mendapat persetujuan oleh studi yang dimana menunjukkan bahwa terapi mengapung bisa mengurangi intensitas nyeri dan mempersempit area nyeri.

Mengurangi Pembengkakan

Terapi mengapung juga bisa mengurangi pembengkakan. Hal ini tidak lain lantaran kandungan garam epsom juga bisa mengurangi pembengkakan serta radang sendi. Bukan hanya karena adanya kandungan magnesium saja, posisi mengapung juga bisa meminimalisir tekanan pada sendi.

Terapi mengapung ini juga dapat meningkatkan imunitas, meminimalisir kekakuan leher, meningkatkan kelancaran sirkulasi darah, mempertingkat fungsi otak, serta sebagai terapi pemulihan cedera bagi atlet.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Terapi mengapung adalah pilihan yang bisa Anda coba bila mempunyai gangguan tidur atau insomnia. Menurut penelitian, salah satu manfaat dari melakukan terapi mengapung yakni dapat meredakan masalah tidur. Biasanya orang yang insomnia dipicu oleh stres, kecemasan, atau depresi.

Pastinya jika gangguan tersebut terjadi secara lama-lama, maka akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Sebab orang yang kurang tidur, bukan hanya bisa down akan kesehatan tapi juga mental.

Sebelum Melakukan Terapi Mengapung, Lakukan Ini

Jika Anda sudah tahu manfaat terapi mengapung, kini Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan terapi satu ini. Tetapi ini tidak begitu bisa dilakukan oleh semua orang.

Beberapa orang yang mempunyai riwayat atau penderita penyakit jantung, fobia akan ruang sempit (claustrophobia), atau pernah mengalami kejang, tentu tidak direkomendasikan untuk melakukan terapi ini.

Sejumlah klinik kecantikan dan kebugaran memang menyediakan fasilitas untuk melangsungkan terapi mengapung dalam ruangan mini yang terbilang sempit. Tapi ada juga yang memanfaatkan tangki tertutup berbentuk kapsul. Bagi yang mengidap fobia ruang sempit, ada baiknya mungkin juga dipertimbangkan untuk melakukan terapi ini.

Baca Juga: Minyak Urut Terbaik untuk Menghilangkan Capek

Untuk penderita atau punya riwayat jantung, sebab risiko serangan yang tiba-tiba, sedangkan Anda berada dalam posisi mengapung di ruang tertutup. Hal ini akan berbahaya guna keselamatan jiwa.

Walaupun garam epsom sendiri mempunyai kemampuan guna menjaga kesehatan kulit dan menyembuhkan iritasi. Akan tetapi jika Anda mempunyai luka di kulit, ada baiknya tidak melakukan terapi ini sebab berisiko menjadi infeksi serta peradangan.

Ada banyak terapi kebugaran yang bisa Anda coba dalam membantu menghilangkan stres dan salah satunya merupakan terapi mengapung. Apabila Anda ingin merasakan terapi lebih privat dan lebih tenang, terapi mengapung bisa Anda jadikan pilihan.

Manfaat terapi mengapung di atas harus Anda ketahui sebelum melakukan terapi ini. Jadi dengan begitu, Anda akan lebih makin menikmati selama proses terapi berlangsung.