Beranda » 9 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan
Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

9 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Manfaat tertawa bagi kesehatan mungkin belum banyak yang tahu. Ternyata tertawa bisa menyehatkan tubuh hingga mengurangi rasa stress. Bahkan hal tersebut juga bukan sekadar mitos belaka. Hal tersebut yang telah terbukti dengan berbagai penelitian yang memperlihatkan bahwa tertawa sangat bermanfaat. Baik itu untuk keperluan kesehatan mental maupun kesehatan fisik.

Tertawa bisa Anda coba lakukan secara sadar dan tidak saat melakukan aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa tertawa jika sedang menonton tayangan lucu, membaca pesan media sosial, hingga berkumpul dengan beberapa orang terdekat.

Tertawa tak hanya sekadar tindakan spontan yang memicu rasa senang, namun ada pula manfaat tertawa bagi kesehatan secara signifikan. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa tertawa untuk memperoleh manfaat bagi kesehatan.

Padahal, jika tertawa Anda bisa merasa lebih gembira serta melupakan sejenak suatu masalah. Perlu Anda ketahui, ternyata ada banyak manfaat tertawa yang jarang orang ketahui. Adapun beberapa manfaatnya, sebagai berikut.

1. Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Pikiran negatif akan berubah menjadi reaksi kimia yang bisa mempengaruhi tubuh. Sehingga akan membawa lebih banyak stres dalam sistem serta menurunkan kekebalan. Sebaliknya, saat Anda memiliki pikiran positif bisa melepaskan neuropeptida. Hormon tersebut yang akan membantu melawan stres serta mengatasi berbagai penyakit yang lebih serius.

Oleh karena itu, beberapa studi turut membuktikan jika aktivitas tertawa akan merangsang sel antibodi dalam berkembang lebih banyak. Dengan demikian, tubuh Anda akan melawan risiko infeksi dan juga melawan virus penyebab penyakit. Biasanya saat lebih mudah tertawa, maka lebih jarang terpapar penyakit. Hal tersebut berbeda dengan orang yang cukup jarang tertawa. Sebaiknya memperbanyak pikiran positif serta merasakan manfaat dari tertawa bagi kesehatan tubuh Anda.

2. Mengurangi Stres

Salah satu manfaat tertawa yakni bisa membantu mengurangi stress. Jika tertawa, maka beban pikiran menjadi berkurang serta perasaan menjadi lebih positif. Pasalnya, jika tertawa akan mengurangi kadar hormon stress. Selain itu, bisa meningkatkan hormon endorfin atau sebagai hormon kebahagiaan.

Baca Juga: Manfaat Terapi Mengapung di Air Untuk Kesehatan

Perlu Anda ketahui jika tertawa juga bisa meningkatkan sirkulasi darah serta membantu relaksasi pada otot. Berbagai hal tersebut yang membuat tertawa sebagai salah satu dalam mengurangi stres.

3. Mengurangi Kecemasan dan Emosi Negatif

Manfaat tertawa memang akan membantu mengurangi stres serta depresi. Tak hanya itu, tertawa akan mengurangi kecemasan emosi negatif lainnya. Terapi tawa juga membuktikan jika bisa mengurangi kecemasan untuk pasien dengan riwayat penyakit Parkinson. Studi lainnya juga menunjukkan bahwa, tertawa bisa mengurangi kecemasan maupun depresi terhadap mahasiswa keperawatan. Bahkan bisa meningkatkan optimisme, harga diri, maupun depresi wanita menopause.

Sementara dari segi perspektif psikologis umum, manfaat tertawa akan mempertahankan rasa humor. Ada pula kemampuan untuk tertawa bisa bertindak sebagai mekanisme positif. Sehingga akan membantu seseorang dalam melewati masa yang sulit.

4. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Manfaat tertawa bagi kesehatan berikutnya yakni bisa mengurangi risiko serangan jantung. Menurut penelitian tertawa menjadi salah satu bentuk dari latihan aerobik dalam menjaga kesehatan jantung. Tertawa yang akan membantu menurunkan sejumlah hormon stres. Selain itu, akan mengurangi peradangan serta penyumbatan pada pembuluh darah.

Bahkan juga akan membawa peningkatan kolesterol baik pada tubuh. Untuk itu, banyak yang menganggap jika tertawa sebagai salah satu cara dalam menjaga kesehatan jantung. Aktivitas ini akan mengurangi risiko mengalami serangan jantung.

5. Tingkatkan Oksigen dalam Darah

Anda mungkin seringkali tersengal-sengal jika sedang tertawa. Hal tersebut yang terjadi karena saat tertawa mengalami pertukaran oksigen dengan cepat dalam waktu singkat. Aktivitas yang intens tersebut juga memberikan manfaat bagi tubuh.

Sebab, bisa merangsang peningkatan sejumlah aliran darah. Jumlah oksigen yang masuk ke darah mengalami peningkatan saat sebelum tertawa. Sistem peredaran darah akan lebih lancar serta mencegah berbagai penyakit karena penyumbatan pembuluh darah.

6. Tingkatkan Memori

Manfaat tertawa bagi kesehatan ternyata juga bisa membantu meningkatkan memori. Jika tertawa akan menghirup lebih banyak oksigen serta berpengaruh pada sel-sel otak. Selanjutnya yang akan membantu dalam meningkatkan kemampuan memori.

Aktivitas ini akan merangsang bagian otak dalam mengasah memori maupun kreativitas. Kini Anda bisa tertawa yang akan membantu dalam meningkatkan kognisi serta kemampuan berpikir kreatif.

7. Mengurangi Nyeri

Aktivitas tertawa bisa Anda lakukan dalam upaya mengurangi nyeri. Jika tertawa, maka akan terjadi peningkatan kadar hormon endorfin sebagai pereda nyeri alami. Tak hanya itu, tertawa juga akan membantu dalam mengurangi keluhan nyeri bagi pasien kanker.

8. Bisa Melindungi Organ Hati

Manfaat tertawa yang baik bagi kesehatan organ hati seseorang. Saat lebih sering tertawa secara teratur tentu memiliki tekanan darah lebih rendah daripada orang yang jarang tertawa.

Meski tekanan darah akan meningkat saat tertawa, namun bisa menurun ke level yang lebih rendah dari sebelumnya. Hal tersebut bisa membantu dalam menjaga kesehatan serta kebugaran secara keseluruhan.

9. Menyehatkan Paru-Paru

Jika ingin memiliki kondisi paru-paru yang sehat bisa Anda lakukan dengan tertawa. Saat tertawa, Anda akan mengambil napas lebih dalam serta mengeluarkan banyak udara. Untuk itu, akan membantu dalam memperkuat paru-paru dan meningkatkan kapasitas oksigen. Tak hanya itu, tertawa akan membuka rongga bagian dalam paru-paru, agar membantu meningkatkan aliran udara.

Kini bisa mengetahui sejumlah manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh Anda. Untuk itu, Anda bisa mencoba lebih sering tertawa. Selain mendapatkan beberapa manfaat tersebut, tertawa akan sangat membantu dalam menghadapi situasi sulit serta memberikan kebahagiaan dalam kehidupan.